9 December 2015

Adab Reuni

7 ADAB #REUNI3DEKADE

100% RESPECT: BULLY FREE, ZERO WASTE.

1) RESPECT YOURSELF

Hadirlah dengan jadi diri sendiri. Jangan bandingkan diri kita dengan yang lain, dari segi pencapaian dan kesuksesan. Setiap orang unik dan berharga, dan punya ukuran yang berbeda tentang kesuksesan.

2) RESPECT PRIVACY

Pertanyaan seperti: “kok belum nikah?”, “sudah punya anak?”, “kerja di mana?”, “kok kuliahnya belom beres aja?”, mungkin membuat sebagian orang tidak nyaman. Please be empathetic.

3) RESPECT CHANGES

Mungkin teman-teman kita dulu punya label, “budak baong” atau “tukang darmaji” dll. Jangan biarkan kita terjebak label masa lalu. People change. Pandang sahabat-sahabat kita sebagai pribadi baru, dewasa yang terus bertumbuh.

4) RESPECT PRESENT FORGIVE PAST

Mungkin kita akan ketemu dengan orang yang pernah membully kita. Atau mantan yang menyakiti. Berdamailah dengan masa lalu. Temui, sapa dan maafkan mereka. Jangan bebani hari ini dengan dendam masa lalu.

5) RESPECT DIVERSITY

Meski dulu saguru saelmu, mungkin sahabat kita kini punya pandangan berbeda. Baik dalam politik atau faham agama. Hindari topik sensitif ini, karena bisa mengundang perdebatan yang gak asyik.

6) RESPECT YOUR FAMILY

Jika kita membawa pasangan atau keluarga, buatlah mereka nyaman. Perkenalkan mereka dengan teman-teman, libatkan mereka dalam percakapan. Pasangan dan keluarga kita, adalah bagian dari keluarga besar IKADAM juga.

7) RESPECT THE EARTH

Minimalkan penggunaan plastik dengan membeli tas belanja ramah lingkungan dan air kemasan yang hanya disediakan oleh Panitia. Jika anda berjualan makanan, gunakan wadah yang bisa digunakan ulang. Jangan sampai kehadiran kita meninggalkan gundukan sampah yang mengotori Pesantren kita.

Kampanye ini dalam rangka mendukung program DA, IKADAM, dan POSDAM yang akan wujudkan Pesantren Bebas Bully dan Ramah Lingkungan.