12 October 2015

Latar Belakang

Pesantren Darul Arqam Garut (DA) telah melahirkan 32 angkatan dan sekitar 1400 abituren, memiliki sumber daya luar biasa, namun belum termobilisasi secara optimal baik untuk kemanfaatan DA sebagai institusi pendidikan maupun sesama abituren/alumni.

IKADAM (Ikatan Abituren/Alumni Darul Arqam Muhamamdiyah Garut) lahir untuk menjawab tantangan tersebut. Secara umum, potensi yang dimiliki IKADAM antara lain:

  • Telah mencapai 32 angkatan atau 3 dekade lebih
  • Berjumlah sekitar 1.400 abituren dengan beragam profesi dan minat yang tersebar di seluruh Indonesia dan mancanegara
  • Memiliki sumber daya dan asset yang sangat berlimpah

Namun IKADAM juga menghadapi tantangan-tantangan sebagai berikut:

  • Sumber daya dan asset yang dimiliki belum dimobilisasi dengan optimal supaya bermanfaat secara konkret bagi warga Garut umumnya dan DA khususnya
  • Belum didukung oleh data base yang kuat dan komprehensif
  • Belum dikelola secara profesional

Kondisi di atas merupakan tantangan bagi eksistensi IKADAM. Oleh sebab itu anggota IKADAM dituntut untuk selalu meningkatkan kualitas di berbagai bidang dan memperluas jejaring dalam menghadapi kondisi sosial yang semakin berkembang.

DA membutuhkan peran serta abituren untuk membangun institusi yang lebih kuat dan berkelanjutan menghadapi berbagai tantangan kini dan nanti sehingga mampu memberi manfaat yang lebih luas untuk masyarakat Garut khususnya dan Indonesia umumnya.

Setiap orang harus “dibangunkan” dari tidurnya dan bergegas dalam memperbaiki diri dan memberikan kontribusi bagi almamater khususnya dan masyarakat umumnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan langkah awal dengan mengadakan Reuni dari seluruh angkatan dengan jumlah peserta yang diharapkan sekitar 1400 orang.

Tujuan

  • Konsolidasai dan penguatan visi bersama 25 tahun ke depan antara alma mater dengan abituren
  • Menjadi pemicu untuk memobilisasi sumber daya berlimpah yang dimiliki abituren sehingga berdaya guna bagi alma mater secara konkret
  • Menguatkan kembali silaturahmi, saling menginspirasi dan membangun jejaring abituren sehingga terbangun kolaborasi yang kuat dan inisiatif-inisiatif baru dalam berbagai bidang

Hasil

  • Platform bantuan untuk DA secara online/offline
  • Database seluruh angkatan: data pribadi, minat, keahlian, profesi, bidang usaha, sumber daya yang dimiliki
    Pemetaan Kebutuhan DA
  • Embrio perkumpulan IKADAM berdasar minat/profesi/bidang/keahlian usaha (lintas angkatan)
  • Rencana tindak lanjut setelah Desember 2015

Tema

“Qum! Make Your Own Mark”

Logo Reuni Pul-15

Ajakan agar setiap orang meninggalkan jejak dengan berbuat baik sesuai kemampuan masing-masing.

Dimulai dari obrolan untuk mengakomodir visi dari reuni kali ini, yaitu untuk mengajak semua alumni dan abituren kembali pulang sejenak, berpikir sesuatu lalu berkontribusi untuk kemajuan DA.

Berpikir apa yang bisa menjadi katalis untuk semua angkatan dari yang paling awal hingga paling akhir. Perlu semacam visual, verbal atau apapun itu yang sangat familiar sekaligus membangkitkan. Lalu seseorang berujar QUM! dan seketika diskusi terhenti, semua sepakat dengan kata tersebut.

QUM! sangat simbolik, sangat khas DA, kata yang sangat singkat namun (harusnya) berdampak lama, persis seperti ekspektasi dari reuni kali ini. Reuni yang rencananya akan digelar beberapa hari saja, tetapi diharapakan berdampak secara berkesinambungan, karena sesungguhnya reuni kali ini adalah titik mula saja. Semoga tercapai.